19 Desember 2008

Donor Darah Bersama BEM Teknik UNSOED

Bagi kalian yg belum tau “apa aja sih manfaat dr donor darah??”, di antaranya:

  1. Beramal
  2. Mengetahui golongan darah. Hal ini terutama bagi yang baru pertama kali mendonorkan darahnya.
  3. Mengetahui beberapa penyakit tertentu yang sedang diderita. Setidaknya setiap darah yang didonorkan akan melalui 13 pemeriksaan (11 diantaranya untuk penyakit infeksi). Pemeriksaan tersebut antara lain HIV/AIDS, hepatitis C, sifilis, malaria, dsb.
  4. Mendapat pemeriksaan fisik sederhana, seperti pengukuran tekanan darah, denyut nadi, dan pernapasan.
  5. Mencegah timbulnya penyakit jantung.

Trus kalian juga pasti bertanya2..”Syaratnya apa aja sih??”, nie dia syarat2nya:

  1. Pendonor berusia antara 17 -60 tahun dengan berat badan minimal 45kg. Usia 17 tahun harus dengan ijin tertulis dari orangtua.
  2. Tanda vital baik. Biasanya diperiksa sesaat sebelum mendonorkan darah. Tanda vital tersebut adalah : Tekanan darah sistol = 110 - 160 mm Hg dan diastol = 70 - 100 mm Hg; Denyut nadi teratur, yaitu 50 - 100 kali/ menit; Suhu tubuh 36,6 - 37,5 derajat Celcius (oral).
  3. Jika pernah mendonorkan darah, maka pendonoran yang terakhir sudah lebih dari 3 bulan yang lalu.

Setelah diliat2 kalian pasti berpikir….dengan hanya mendonorkan darah disertai persyaratan2 yang ngga’ terlalu ribet kita dapet banyak sekali manfaat….

Selain manfaat2 yang disebutin di atas para pendonor juga setelah mendonorkan darahnya suka diberi konsumsi dari PMI loh….Enak kan???

Jadi tunggu apalagi??Buruan siapkan dirimu untuk menjadi pendonor darah di akhir tahun 2008 ini!!!!Jangan sia-siakan kesempatan ini…….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar